Tour Religi Walisongo, Rute dan Biayanya

tour-religi-walisongo

Walisongo adalah sembilan wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Perjuangan mereka tidak mudah. Dakwah yang dilakukannya pun sambil memasukan unsur-unsur adat.

Berkat kesebarannya, akhirnya masyarakat Jawa mudah menerima Islam. Berkat jasanya tersebut, ke-9 orang tadi dikenang sebagai tokoh penting Indonesia. 

Tidak mengherankan jika tour religi Wali songo menjadi rutin dilakukan oleh banyak masyarakat Jawa pada khususnya. Tahukah sobat makam siapa saja yang akan diziarahi ketika ikut tour religi ini?

Rute Tour Religi Walisongo

Berikut ini adalah tempat atau lokasi yang akan kalian singgahi ketika mengikuti ziarah ke makam Walisongo.

1. Makam Sunan Ampel di Surabaya

Sunan Ampel mempunyai nama lahir Raden Rahmat. Ia merupakan anak dari Sunan Gresik. Perjuangan dan dakwahnya dilakukan secara intens, termasuk mendirikan Pesantren Ampel Denta. Ini dan merupakan pesantren tertua di Jawa. 

Makam Sunan Ampel ini lokasinya masih dalam kawasan wisata budaya Surabaya. Jaraknya berdekatan dengan area Pecinan Kya Kya Kembang Jepun. Juga tak jauh dari Kampung Arab Jawa Timur. Uniknya, arsitektur gerbangnya mengadopsi gaya Eropa.

2. Makam Sunan Giri di Gresik

Sunan Giri memiliki nama lain Raden Paku Muhammad Ainul Yaqin. Beliau tak lain merupakan anak didik atau murid Sunan Ampel. Makamnya tidak di kota, melainkan jauh dari pusat kota. Tepatnya di puncak sebuah bukit di Kebomas, Gresik.

Selain jasad Sunan Giri, kompleks ini juga bersemayam jasad-jasad ibu asuh, istri dan anak-anaknya. Kompleks Makam Sunan Giri ini dulunya adalah lokasi kerajaan Giri Kedaton yang didirikan oleh Sunan Giri pada 9 Maret 1487.

3. Makam Sunan Gresik di Gresik

Sementara Sunan Gresik memiliki nama asli Syekh Maulana Malik Ibrahim. Beliau masih keturunan ke-22 Nabi Muhammad dan disebut usianya paling tua diantara 8 wali lainnya. 

Berbeda dengan makam Sunan Giri yang ada di perbukitan. Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik yang mudah dijangkau. 

Lokawisata religi ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, terutama saat liburan. Para peziarah yang datang biasanya melantunkan zikir, salawat, dan mengirimkan doa untuk Syeh Maulana Malik Ibrahim.

4. Makam Sunan Bonang di Tuban

Sunan Bonang memiliki nama asli Raden Makhdum Ibrahim. Beliau merupakan putera dari Sunan Ampel. Semasa hidupnya, Sunan Bonang dikenal sebagai wali yang paling gencar memasukkan Islam dalam kesenian Jawa.

Karyanya masih diperlihara sampai sekarang. Seperti lagu Tombo Ati yang hingga kini masih dikenal secara luas. Itu lho sobat, lagu yang dinyanyikan oleh Opick.

Makam Sunan Bonang terletak di sebelah barat Masjid Agung Tuban. Tepatnya di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban, Jawa Timur.

5. Makam Sunan Drajat di Lamongan

Sunan Drajat adalah saudara Sunan Bonang. Keduanya sama-sama putera Sunan Ampel. Sunan Drajat memiliki nama asli Raden Qasim.

Beliau dimakamkan di kawasan wisata Lamongan. Posisinya di atas bukit tinggi dan dikelilingi pepohonan yang menghampar luas. Kalian bisa mengunjungi museum yang dibangun di dekat makamnya.

Museum ini bisa dikunjungi siapa saja dan untuk masuk tidak dipungut biaya. 

6. Makam Sunan Kudus di Kudus

Sunan Kudus memiliki nama asli Ja’far Shadiq. Peranannya tak bisa dilepaskan pada masa Kesultanan Demak. Ia dipercaya sebagai panglima perang, penasihat Sultan Demak, Mursyid Thariqah dan hakim peradilan negara.

Baca Juga:

5 Fakta Wisata Sawah Svargabumi yang Viral di Medsos

6 Hal Ngangeni di Wisata Alam Rawa Gede, Bogor

Pantai Suntuk dan Bakwan Udang, Menyatu Banget

Lokasi makamnya dekat dengan Masjid Kudus yang memiliki bangunan menara mirip dengan candi Hindu. Ada yang unik di sini, yakni letak makamnya yang berada di tengah bangunan dengan bangunan menyerupai Joglo.

7. Makam Sunan Muria di Kudus

Sunan Muria yang nama aslinya Raden Umar Said ini merupakan anak dari Sunan Kalijaga. Lokasi makamnya di salah satu puncak Gunung Muria.

Untuk menuju ke lokasi makam, bisa menggunakan jasa ojek yang sudah terbiasa membawa penumpang ke atas. Khusus jalan ojek sudah dibangun aspal namun lebarnya terbatas.

Namun kebanyakan peziarah mengunjungi makam Sunan Muris dengan berjalan kaki dari kaki gunung. Kono ada 1000 anak tangga yang harus dilewati peziarah. 

8. Makam Sunan Kalijaga di Demak

Sunan Kalijaga memiliki nama asli Raden Said. Ialah sunan yang memperkenalkan wayang kulit sebagai medianya saat berdakwah menyiarkan Islam.

Kebetulan masyarakat Jawa memang memiliki banyak budaya dan kesenian. Sunan Kalijaga juga menciptakan suluk untuk melengkapi permainan wayang kulitnya.

Lokasi makam Sunan Kalijaga di pinggiran Kota Demak. Letaknya cukup dekat dengan kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak. Tempat ini pun ramai dikunjungi peziarah, apalagi saat Ramadan datang.

9. Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Syarif Hidayatullah, itulah nama asli Sunan Gunung Jati. Beliau merupakan penyebar agama Islam di Cirebon. Perjuangannya pun masih dikenal hingga sekarang sehingga Cirebon dikenal dengan wisata religinya.

Makam Sunan Gunung Jati Cirebon ini terletak kira-kira sekitar 100 meter dari jalan Sunan Gunung Jati. Kira-kira 6 kilometer dari pusat kota Cirebon. 

Tempat peristirahatan terekhirnya dihiasi ornamen dan piring antik dari China. Semasa hidupnya beliau pernah menikahi Putri Ong Tien dari negara China sehingga budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di Cirebon

Biaya Tour Religi Walisongo

Dikutip dari myhajiumroh.co.id, bagi kalian yang berniat mengikuti Tour Religi Walisongo cukup membayar Rp2.500.000 per orang.

Biaya tersebut akan dipergunakan untuk perjalanan kurang lebih 5 hari. Perjalanannya akan dibag-bagi rutenya untuk memudahkan koordinasi serta lebih hemat waktu.

Hari pertama adalah perjalanan dari Jakarta ke Cirebon, sudah termasuk makan siang dan malam. Penjemputan di tempat yang telah disepakati dan akan mengunjungi makam Sunan Gunung Jati. Juga berkunjung ke pusat Batik Pekalongan.

Lalu check in Hotel di semarang dan istirahat. Berikutnya pada hari kedua perjalanan Semarang – Demak – Kudus – Tuban. Kalian sudah mendapatkan makan pagi, siang dan malam.

Lokasi pertama ialah ke makam Sunan Kalijaga di Desa Kadilangu Demak. Diteruskan dengan mengunjungi ke makam Sunan Kudus di Desa Kauman dan Sunan Muria.

Lantas perjalanan menuju Tuban diperkirakan tiba malam hari. Check in Hotel di tuban dan istirahat.

Hari ketiga, perjalanan Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya, termasuk fasilitas makan pagi, siang malam. Usai cek out menuju makam Sunan Bonang di Tuban, Makam As-Syeikh Assamara Qandi (ayah Sunan Ampel).

Berikutnya ke makam Sunan Drajat di Lamongan dan makam Sunan Giri (Joko Samudro) dan Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) di Gresik.

Akan masuk kota Surabaya malam hari kemudian menuju hotel check in hotel. 

Pada hari keempat adalah perjalanan Surabaya – Sidoarjo – Jakarta. Usai cek out kalian akan dibawa ke makam dan masjid Sunan Ampel.

Tour religi Walisongo juga akan membawa kalian menuju pusat kerajinan kulit asli di Tanggul Angin. Berikutnya menuju Masjid Agung Al Akbar yang merupakan masjid terbesar di Surabaya.

Terakhir, kembali meneruskan perjalanan pulang ke Jakarta. Kali ini sobat bermalam di atas kendaraan ya. TIba diperkirakan pagi hari di Jakarta dan sobat dianter ke tempat pemberangkatan.

Itulah sobat sekilas tentang tour religi Walisongo, semoga bisa mendatangkan manfaat. ***

0 Response to " Tour Religi Walisongo, Rute dan Biayanya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel