6 Hal Ngangeni di Wisata Alam Rawa Gede, Bogor

wisata-alam-rawa-gede-4
Image source

Wisata Alam Rawa Gede, sobat wisata pernah mendengarnya? Kalau belum, aduuuh terlambat banget deh. Soalnya tempat pelancongan ini sudah dikenal, tak hanya bagi masyarakat Bogor.

Kalau liburan datang Wisata Alam Rawa Gede selalu dipadati pengunjung. Berikut ini adalah bebarap hal tentang pesonanya. Siapa tahu pada sebuah hari sobat berkesempatan mengunjunginya.

Tetapi di masa pendemi Civid-19 seperti sekarang ini seyogyanya ditunda dulu hasrat travelingnya. Soalnya untuk kebaikan bersama. Lagipula masih ada yang terpapar virus corona dari hari ke hari.

5 Hal Tentang Wisata Alam Rawa Gede

Sebenarnya banyak yang bisa ditemukan di tempat ini, tetapi kalau dituliskan semua satu persatu tak akan rampung semalam hehe.

1. Di Ketinggian 980 Mdpl

wisata-alam-rawa-gede-1
Image source

Wisata Alam Rawa Gede berada di pegunungan pada ketinggian 980 meter diatas permukaan laut (mdpl). Karena itulah disebut Situ (Bahasa Sunda) yang artinya telaga.

Telaga Rawa Gede berlokasi di Desa Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Danau besar ini berada diantara perbukitan, di sekitarnya terdapat curug, pesawahan, juga perkebunan.

2. Dikelilingi Pepohonan


Ketenangan Wisata Alam Rawa Gede dengan pepohonan di sekelilingnya dapat ditempuh dua jam dari Tol Jagorawi menggunakan kendaraan roda empat. Banyak warga Jakarta sengaja meluangkan waktu untuk bisa sampai ke sini.

Tempatnya dikelilingi pepohonan beraneka ragam. Sejauh mata memandang hamparan dedaunan hijau akan menyejukkan mata siapa saja yang berkunjung. Hijau ini tak hanya muncul dari pepohonan yang mengelilingi telaga, namun juga perbukitan di sekelilingnya.

3. Jalanan yang Indah

wisata-alam-rawa-gede-6
Image source

Selain dari Tol Jagorwai Wisata Alam Rawa Gede juga bisa diakses melalui Cipanas Puncak, Kabupaten Cianjur. Dari Kawasan Wisata Kota Bunga, sobat tinggal menelusuri jalan alternatif menuju Jonggol dan Jakarta.

Jalan tersebut akan melewati Kecamatan Suka Makmur, lalu sobat tinggal masuk ke desa Sirna Jaya, sebelum masuk kawasan Wisata Alam Rawa Gede.

Jangan tidur sobat di atas kendaraan, tengoklah di luar sana lansekap Kota Bogor begitu indah. Ada terasering persawahan yang menyejukkan mata. Meski penuh lika-liku, permukaan jalan 95 persen sudah mulus alias di aspal ataupun beton, jadi jangan khawatir

4. Serasa Off Road

wisata-alam-rawa-gede-7
Image source

Kurang lebih 3 kilometer masuk ke lokasi, sobat harus berhati-hati karena akses jalannya hanya cukup untuk dilewati satu kendaraan. Jadi kalau melihat ke arah depan ada kendaraan yang akan melaju ke arah berlawanan, saling memahami saja siapa yang harus menepi.

Dua kilometer memasuki Wisata Alam Rawa Gede jalannya lebar. Dua mobil bersimpangan pun aman. Dan kondisi jalan menyempit kembali sobat temui satu kilometer sebelum masuk lokasi telaga.

Jangan diambil pusing sobat, justru ini menjadi keunikan tersendiri. Sekalian memacu adrenalin pada diri kalian. Toh semuanya di atas ketinggian, hawanya segar dengan pemangangan keren.

5. Spot Foto Menarik

wisata-alam-rawa-gede-3
Image source

Destinasi Wisata Alam Rawa Gede pasti kalian rekomendasikan untuk teman lain. Karena di sini spotnya cukup banyak. 

Seperti kolam renang anak-anak, sepeda air bebek-bebekan, kolam memancing ikan anak-anak. Kalau hanya ingin berfoto-foto silakan pilih spot yang sesuai. Tak akan habis kalian eksplore karena ini wisata alam.

Alam yang biasa, tanpa polsen saja sudah bagus. Sementara tempat ini sudah dilengkapi tempat berforo buatan yang instagramabel.

6. Bisa Bermalam

wisata-alam-rawa-gede-5
Image source

Fasilitas yang tersedia juga beragam. Mulai dari homestay bagi keluarga yang ingin bermalam, camping ground yang ingin menginap dalam tenda. Meski di tengah hutan jangan khawatir ya ada tower Wifi untuk jaringan komunikasi,.

Jangan lupakan saung-saung yang dibangun di sekitar danau. Kemudian jalur track bambu dan jembatan drum di atas danau. Untuk kebutuhan mendasar pengunjung seperti MCK, musala dan kantin tersedia di sini. 

Harga sewa homestay Rp 400 ribu per malam. Kapasitas homestay yang berbentuk panggung ini bisa untuk 10 orang. Fasilitasnya tempat tidur, kamar mandi, listrik dan lemari baju.

Sedangkan yang ingin berkemah tarifnya 10 ribu per malam per orang. Jika ingin sewa tenda dome kapasitas 4-5 orang tarifnya 150 ribu per malam. Untuk voucher wifi tarifnya 10 ribu per 24 jam per orang. 

Hmmm... membayangkan Wisata Alam Rawa Gede sudah kepingin ke sana. Semoga bermanfaat sobat wisata. ***

0 Response to "6 Hal Ngangeni di Wisata Alam Rawa Gede, Bogor"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel