5 Fakta Wisata Sawah Svargabumi yang Viral di Medsos

wisata-sawah-1
Foto - instagram @svargabumi

Sebuah objek wisata persawahan menjadi viral di media sosial. Namanya Svargabumi Borobudur yang terletak di Kelurahan Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Wisata sawah ini semakin dikenal warganet ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunggah di Instagramnya. Kala itu ia bersama rombongan, termasuk artis Nirina Zubir bersepeda santai dan singgah.

Berikut ini adalah 5 fakta mengenai sawah wisata Svargabumi Borobudur.

Nama Svargabumi

wisata-sawah-2
Foto - instagram @svargabumi

Menurut Pungki, pengelola wisata sawah ini, ia menamakan Svargabumi Borobudur karena menurutnya Borobudur adalah surga yang jatuh ke bumi. Sementara objek wisata yang dikelolanya berjarak hanya 300 meter dari Borobudur.

Objek wisata utamanya tetap Candi Borobudur. Sementara Svargabumi adalah tempat wisata alternatif yang bisa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat Borobudur.

Karena jaraknya yang hanya 300 meter, maka tak sedikit wisatawan Borobudur yang kemudian datang dan berkunjung ke tempat ini.

Spot Foto di Tengah Sawah

wisata-sawah-3
Foto - instagram @svargabumi

Svargabumi Borobudur sejatinya adalah spot foto yang dibuat di tengah sawah. Spotnya sangat banyak sehingga setiap sudut pun bisa dijadikan selfie.

Oleh pengelolanya, wisata sawah ini dirancang sejak pertengahan 2019 lalu dan baru dibuka awal Agustus 2020. Meski demikian, setiap pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

wisata-sawah-8
Foto - instagram @svargabumi

Spot-spot yang bisa digunakan diantaranya gerbang istana, bangku, ayunan, pepohonan dan masih banyak lagi. Di sini, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang aktivitas para petani.

Tidak ada unsur modern di spot fotonya. Semuanya dibuat dengan tetap mempertahankan keaslian alam.

Menyewa Tanah Petani

wisata-sawah-4
Foto - instagram @svargabumi

Tempat wisata ini sangat spesial bagi pemilik lahan juga petani penggarap. Karena awalnya area persawahan yang ada merupakan sawah tadah hujan yang bisa panen setahun hanya dua kali.

Namun oleh Pungki, dibuatkan teknik pengairan sehingga sawahnya sekarang bisa ditanami sepanjang waktu. Hebatnya, meski lahannya disewa namun para petani masih diperbolehkan menggarap lahannya.

wisata-sawah-9
Foto - instagram @svargabumi

Bahkan hasilnya tak harus dibagi dengan pengelola objek wisata sawah Svargabumi Borobudur.

Dikutip dari YouTube Ganjar Pranowo, Pungki mengatakan ada 30-an pemilik lahan yang tanahnya disewa.

Menyulap Sawah Tadah Hujan

wisata-sawah-5
Foto - instagram @svargabumi

Para pemilik lahan dan petani kini bersyukur dan merasa senang bisa memiliki sawah yang bisa ditanami sepanjang waktu. Sebelumnya mereka hanya berharap dari turunnya hujan baru bisa menanam padi.

Mereka tidak merasa terganggu sama sekali dengan kadatangan wisatawan ke objek wisata persawahan ini. Para petani bahkan kerap berinteraksi dengan para pengunjung.

wisata-sawah-10
Foto - instagram @svargabumi

Kegembiraan juga diungkapkan petani saat diminta keterangan Gubernur Ganjar. Dengan hadirnya objek wisata ini mereka terbantu dan mampu meningkatkan kesejahteraan.

Bisnis yang Menarik

wisata-sawah-6
Foto - instagram @svargabumi

Diakui atau tidak, postingan Gubernur Ganjar tentang sawag wisata Svargabumi Borobudur telah menjadikannya viral. Namun ada satu hal yang dituliskan oleh Gubernur Jawa Tengah ini. 

Begini postingan Ganjar di Instagrmnya:

Seorang kawan kirim video & cerita dibalik keindahan tempat ini. Ada cerita bisnis yg menarik:

“Ini di Magelang! Pemilik sawah sangat diuntungkan karena sawah 0,1 ha disewa 8 jt/th (1 ha 80 jt/th).

wisata-sawah-7
Foto - instagram @svargabumi

Penggarap tetap diperbolehkan menggarap sawahnya dan mendapatkan seluruh hasil padinya semua alias cuma2 (tidak ada bagi hasil dg pemilik lahan,krn sdh disewa oleh investor). 

Buruh tani dapat pekerjaan rutinitas tiap hari atau harian lepas. Disewa selama 10 th total luas 20 ha. Ini contoh kasus yang menguntungkan bagi petani dan investor tentunya. 

Ok gak? Siapa pernah ke sini?

Itulah sobat wisata keindahan wisata persawahan Svargabumi Borobudur. Semoga memberikan pilihan saat kalian ingin travelling. ***

0 Response to "5 Fakta Wisata Sawah Svargabumi yang Viral di Medsos"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel