7 Fakta tentang Gonggong yang Perlu Kamu Ketahui

gonggong tanjungpinang
Gonggong di sini bukanlah suara salah satu jenis hewan yang pasti kalian tahu. Namun gonggong di sini adalah sejenis siput yang hanya bisa dijumpai di Perairan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bagi pemburu kuliner yang singgah di Batam atau Tanjungpinang, biasanya tidak mengesampingkan makanan ini. Namun kalian harus tahu bahwa gonggong tidak selalu tersedia. Meski tersedia, jumlahnya kadang sangat terbatas.

Hal ini karena untuk mendapatkan gonggong tidak bisa dilakukan pada semua musim. Ada waktu tertentu di mana nelayan tidak akan mengambil gonggong karena kondisi cuaca dan gelombang tinggi.

Berikut fakta menarik tentang gonggong yang wajib kalian ketahui:

1. Sejenis Siput Berdaging Kenyal

Bentuk gongong adalah sejenis siput yang memiliki rumah keras. Jika sobat pernah melihat kesong atau bekicot, hampir seperti itu. Namun bentuk cangkang gonggong lebih pipih, tidak bulat.

Ia memiliki daging yang lembut namun kenyal. Dagingnya inilah yang menimbulkan rasa penasaran para pemburu kuliner. Tak jarang mereka datang dari jauh ke Batam atau Tanjungpinang hanya untuk bisa merasakan kelezatan dagingnya.

2. Butuh Tusuk Gigi Mengambilnya

Untuk bisa mengeluarkan daging gonggong dari cangkangnya, kalian harus menggunakan alat pembantu. Paling banyak digunakan ialah tusuk gigi atau bambu tusuk sate yang sudah dipotong pendek. Kalau tusuk satenya tidak dipotong, bisa bahaya ya sobat hehe.

Cara mengambil dagingnya sangat mudah, cari saja celah lubang di cangkang gonggong. Ada bagian daging berupa zat yang keras menyerupai sengat pada lebah, jadukan itu sebagai pembatas tempat menusukkan tusuk sate.

3. Pasangannya Cocolan Sambal

sambal gonggong
Gonggong jarang dimasak macam-macam. Menu legendarisnya ya memang hanya direbus lalu dimakan bersama sambal yang ditaruh di piring kecil. Setelah dagingnya dikeluarkan, biarkan saja tertancap pada tusuk satenya.

Selanjutnya masukkan ke dalam sambal dan masukkan ke mulut. Di sinilah dimulai petualangan rasa gonggong yang menggoda.

4. Mengandung Kolesterol Tinggi

Gonggong adalah salah satu makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi. Kandungan omega 3 serta proteinnya yang tinggi sebenarnya menyehatkan, namun tingkat kolesterolnya tetap harus diwaspadai.

Kolesterol tinggi dapat memicu timbunan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Pengendapan kolesterol yang berlebihan dalam pembuluh darah dapat menyebabkan timbulnya stroke dan serangan jantung. 

Oleh karena itu, mengonsumsi gonggong setiap saat tidak dianjurkan atau kalau bisa hindari. Paling cepat ada jeda waktunya untuk mencegah meningkatnya kolesterol tubuh. Selain itu, hindari menggoreng gonggong menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

Mengapa? Alasannya karena kolesterol-kolesterol jahat itu akan mengendap dan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Bila kalian menggemari gonggong, tambahlah dengan buah dan sayur bening. Dan ingat, minum air putih sebanyak-banyaknya.

5. Bermanfaat dalam Pertumbuhan Hormon dan Libido

Berdasarkan hasil uji laboratorium, gonggong memiliki nilai gizi makro per 100 gram yaitu dengan karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori protein 31,19% dengan nilai gizi 124,8 kalori. 

Nah, sssst..... ini yang sering menjadi sugesti kaum lelaki yang menyantap daging gonggong. Gonggong mampu meningkatkan pertumbuhan hormon dan libido lho. Seperti diketahui bahwa salah satu hormon yang bertanggungjawab dalam pertumbuhan hormon dan libido adalah hormon dopamin, selain testosteron, estrogen, oksitosin, norepinehim,dan kortisol.

Dikenal sebagai hormon yang baik, dopamin bertanggungjawab pada dorongan emosi, Selanjutnya mengubah nafsu menjadi ikatan yang lebih kuat dan langgeng antar pasangan. Menurut sebuah studi, hormon dopamin ini banyak diproduksi oleh pria dibandingkan wanita. 

Salah satu penguat hormon dopamin adalah diet yang kaya protein. Salah satu makanan diet yang mengandung protein tinggi itu adalah gonggong. Suami istri yang ingin menumbuhkan hormon serta meningkatkan libido dalam hubungan suami-istri, sepertinya gonggong masuk dalam daftar ya hehe.

6. Dijadikan Ikon Kota Tanjungpinang

gedung gonggong
Sebuah bangunan berukuran besar tampak mencolok di kawasan Tepi Laut, Tanjungpinang. Diberi nama Gedung Gonggong karena desainnya menyerupai gonggong. Gedung ini banyak digunakan sebagai acara-cara yang mengumpulkan banyak massa. Biasanya acara budaya.

Di dalamnya terdapat museum juga ruangan di basecamp. Di ruang inilah pernah dilakukan audisi untuk peserta Liga Dangdut Indonesia wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Hampir setiap hari ada saja wisatawan yang datang dan menikmatu pemandangan laut lepas. Selfie? Sudah pasti menjadi bagian yang tidak terlewatkan dari kunjungan ke Gedung Gonggong.

7. Dijadikan Ikon Batik Lokal

Tak banyak yang tahu jika Kota Tanjungpinang memiliki satu corak batik yang disebut Batik Gonggong. Motif batik ini diciptakan oleh Effiyar M Amin (alm) dan sahabatnya Onny Kay. Batik ini menjadi bahan busana yang banyak dipakai pegawai pemerintah atau swasta, seragam sekolah dan dijadikan cinderamata.

Saat ini, showroom Batik Gonggong ada di Batu 8 Atas, dekat Simpang Dompak. Seperti namanya, motif batik gonggong selalu menampilkan bentuk cangkang yang dimodifikasi ke dalam beragam bentuk.

Kabarnya juga, Batik Gonggong tidak akan ditemui di tempat lain selain di showroomnya tadi. Oh, ya, batik ini sudah dipatenkan sehingga menjadi kekayaan daerah Tanjungpinang.

Itulah tadi fakta tentang gonggong, semoga bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "7 Fakta tentang Gonggong yang Perlu Kamu Ketahui"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel