5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tepi Laut Tanjungpinang

tepi laut tanjungpinang
Tepi Laut Tanjungpinang merupakan lokasi wisata di Kota Tanjungpinang, Kepri yang menggugah keinginan banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Saat ini kawasan ini tengah dibenahi untuk pembangunan Jalan Lingkar Gurindam 12.

Sejatinya Tepi Laut bisa ditebak dari namanya. Sobat menduga ini adalah pantai? Benar sekali, namun ini pantai di tengah kota, tepatnya pinggir kota yang sangat mudah dicapai. Mau naik kendaraan sendiri boleh, naik angkutan umum juga banyak yang sampai ke kawasan ini.

Berikut ini 5 hal yang bisa sobat lekukan di Tepi Laut:

1. Teduh dan Sejuknya Tugu Pensil

tugu pensil
Tugu Pensil adalah tugu berbentuk pensil yang berdiri tegak di salah satu sudut Tepi Laut. Di sekelilingnya masih ada pepohonan tua berusia puluhan tahun yang membuat pengunjung merasakan keteduhan yang memikat.

Batas laut dan daratan sudah dibangun tembok yang bukan hanya sebagai pembatas, melainkan tempat duduk dan bersantai. Bahkan ada salah satu pohon berusia lanjut yang akarnya berada persis di atas laut, kadang menjadi tempat bermain anak-anak kampung.

Di Taman Tugu Pensil ini sobat juga bisa menemukan ptasasti di dinding yang isinya pasal demi pasal Gurindam 12 Karya Raja Ali Haji.

2. Kagumi Gonggong Raksasa

gedung gonggong
Sebelumnya saya sudah mengupdate artikel tentang siput khas Kepri yang namanya gonggong. Lah, rupanya ada gonggong raksasa di Kota Tanjungpinang. Tetapi gonggong yang satu ini bukan untuk direbus ya sobat.

Gedung Gonggong, begitulah sebutannya adalah sebuah bangunan di Tepi Laut yang bentuknya memang menyerupai gonggong. Di bawahnya atau basemen adalah ruangan luas, sementara di atasnya ada beberapa ruang termasuk galeri seni.

Di sekitarnya dibangun  taman dilengkapi sarana bermain keluarga. ADa yang untuk anak-anak ada juga buat orang dewasa.

3. Mengagumi Gedung Daerah

gedung daerah
Gedung Daerah merupakan bangunan peninggalan residen Belanda yang dibangun pada awal tahun 1880. Arsitektur bangunan Gedung Daerah disebut-sebut merupakan perpaduan antara gaya bangunan Romawi dan Yunani. 

Meski telah beberapa kali direnovasi, namun bentuk asli bangunan hingga saat ini tidak banyak berubah.

Dalam catatan sejarah setelah kemerdekaan Republik Indonesia, Gedung Daerah pernah menjadi kantor pusat pemerintahan Gubernur Riau yang pertama S.M. Amin Nasution sebelum pusat pemerintahan Provinsi Riau dipindahkan ke Pekanbaru. 

Saat ini Gedung Daerah digunakan sebagai kediaman Gubernur Kepri, menerima tamu-tamu resmi daerah, dan tempat pelaksanaan berbagai kegiatan resmi pemerintahan lainnya.

Bangunan ini juga saksi bisu penyerahan kedaulatan Indonesia dari residen Hindia Belanda terakhir Dr. Waardenburg pada tahun 1950. Di Gedung Daerah ini pula Wakil Presiden RI Adam Malik pernah menginap ketika berkunjung ke Tanjungpinang. 

Beberapa mantan presiden RI seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Abdurahman Wahid, dan tokoh-tokoh penting pernah mengunjungi Gedung Daerah karena memang gedung tersebut merupakan tempat untuk menerima tamu daerah.

4. Tugu Proklamasi

tugu proklamasi
Tugu Proklamasi tidak hanya di Jakarta, melainkan juga di Tanjungpinang. Di sini sobat bisa melihat diorama perjuangan warga melawan penjajah. Letaknya yang berada persis diantara pintu masuk dan keluar Pelabuhan Laut Sri Bintanpura menjadikannya gampang ditemukan.

Tugu ini didirikan dalam bentuk mengenang usaha Kepulauan Riau untuk bergabung dengan Indonesia, tak hanya itu tugu ini juga menjadi tempat untuk pertamakalinya bendera merah putih dikibarkan sekaligus pembacaan teks Pancasila di Tanjungpinang.

5. Memandang Pulau Penyengat

pulau penyengat
Pulau Penyengat? Mungkin sobat asing mendengarnya? Kalau Gurindam 12? Nah di pulau inilah Raja Ali Haji dilahirkan. Pulau ini bisa dengan kasat mata sobat pandang dari Tepi Laut.

Pulau ini penuh dengan sejarah perjuangan. Hebatnya, Pulau Penyengat adalah mas kawin Sultan Kasultanan Riau III Sultan Mahmud Syah untuk Raja Hamidah yang kemudian dikenal sebagai Engku Puteri Raja Hamidah saat dipersunting pada tahun 1803.

Di sini ada juga ljo sobat Masjid Riau Penyengat yang memiliki bentuk bangunan terkenal, karena dindingnya dibuat dari adukan material dengan campuran putih telur. 

Itulah 5 yang bisa sobat temukan di Tepi Laut Tanjungpinang. Yuk ke Tanjungpinang. ***

0 Response to "5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tepi Laut Tanjungpinang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel