Pantai Tanjung Setumu, Surga Wisata di Ujung Dompak

pantai tanjung setumu
Foto - nunung.com
Wisata pantai di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau nyaris bisa dihafal dengan mudah. Paling populer ialah Pantai Tanjung Siambang di Pulau Dompak. Namun sebentar lagi sebuah keindahan alam pantai segera diperkenalkan kepada publik.

Namanya Pantai Tanjung Setumu, bisa dicapai di jalan yang sama ke Pantai Tanjung Siambang, namun masuk terus. Beberapa bulan lalu saya pernah mendatangi lokasi ini bersama Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dompak, Dodi dan seorang teman lain yang blogger.

Kala itu, untuk masuk ke Tanjung Setumu jalannya masih sangat sempit. Sebenarnya tidak sempit, bayhkan lapang kalau dibersihkan. Semak dan pohon liar dipotong, bebatuan yang menghalangi dibersihkan. Karena pada intinya sudah ada jalan ke Tanjung Setumu. Namun karena pantainya dibiarkan apa adanya, jadi akses jalan masuknya pun tidak diperhatikan.

Dari Pantai Tanjung Siambang, jaraknya tidak jauh, tak sampai setengah jam menggunakan kendaraan roda empat. Dari pemandangan yang saya lewati, jalan masuk ke Pantai Tanjung Setumu dahulu didiami beberapa keluarga.

Karena masih tampak sejumlah rumah. Namun kebanyakan rumah-rumah warga tersebut sudah tak lagi didiami, bahkan beberapa bangunannya hanya menyisakan dinding, ada yang atapnya sudah bolong.

Keindahan Pantai Tanjung Setumu

Berikut ini adalah bebebrapa hal indah yang bisa kita temukan saat mengunjungi Pantai Tanjung Setumu.

Padang Rumput

Sebelum mencapai bibir pantai, saya merasakan sensani mengendarai mobil di tengah padang ilalang yang cukup luas. Saya percaya jika tempat ini akan segera dilunching, lobang-lobang yang menciptakan genangan air sudah diratakan.

Dengan demikian, pengunjung tidak akan terjebak ke dalam genangan air. Kalau dangkal nggak masalah, namun jika cukup dalam akan merepotkan. Selain itu Pantai Tanjung Setumu adalah wisata pantai, bukan wisata off road hehe.

Buah Kemunting

Menurut Dodi, salah satu tumbuhan berbuah yang tumbuh di Tanjung Setumu ialah kemunting. Buahnya bergerombol, ukurannya kecil, kalau matang berwarna ungu tua. Ada semacam kelopak kecil di ujungnya. Jika mau dimakan tinggal patahkan ujungnya lalu dikunyah.

Konon, zaman dahulu anak-anak kampung setempat selalu menyempatkan diri datang ke tempat ini untuk menikmati buah kemunting. Dan dari sejumlah referensi disebutkan jika buah kemunting mengandung zat anti oksidan.

Bebatuan Alam

Sesampai di bibir Pantai Tanjung Setumu, saya melihat begitu banyak bebatuan di pantai. Ukurannya beragam. Uniknya yang berukuran besar permukaannya datar sehingga sangat nyaman dijadikan tempat duduk. Jika Anda menyukai duduk di atas bebatuan dengan kaki terendam air laut, bisa memilih bebatuan di pantai berpasir putih.

Jika ingin lokasi lain, di tanah tinggi persis di bibir pantai juga ada batu berdampingin yang cukup indah lokasinya. Bebatuan ini ada yang bentuknya unik, disebut batu belubang karena ada bagian tengahnya yang memang berlubang.

Teduh

Kelebihan lain yang dimiliki Pantai Tanjung Setumu ialah masih dijaganya pepohonan besar sehingga bisa dijadikan tempat berteduh. Disampaikan oleh Dodi, jika nanti dibuka untuk umum Tanjung Setumu juga menerima permintaan warga yang ingin kemping atau berkemah.

Ada beberapa lokasi tanah yang cukup strategis untuk didirikan tenda. Sementara pepohonan memberikan keteduhan. Saat itu memang saya tak menemukan fasilitas air bersih. Namun Dodi mengatakan saat ini sedang dipersiapkan fasilitas pendukung yang memang pentintg untuk pengunjung pantai.

Gubuk Beratap Daun

Saat ini Pokdarwis Dompak dan remaja kampung setempat serta pihak kelurahan tengah mentara lokasi. Sejumlah gazebo alam berbentuk gubuk beratap daun, dibuat panggung berdiri tegak berderet menghadap pantai.

Pengunjung keluarga bisa memanfaatkannya untuk beristirahat, sembari mengawasi anak atau cucu yang bermain di pantai. Jarak pandang dari gubuk ke pantai tidak terhalang sehingga bisa dijadikan semacam menara pengawas.

Pendaram

Kelak, jika sudah dibuka untuk umum, Pokdarwis Dompak sudah merencanakan penjualan pendaram, yaitu makanan khas Melayu yang bisa dibeli para pengunjung. Sudah menjadi rahasia umum, jika wisata khususnya pantai akan sangat cocok disandingkan dengan kuliner loka.

Dengan demikian, selain tetap mempertahankan kearifan lokal juga memberikan nilai ekonomis untuk masyarakat sekitarnya.

Itulah tadi bocoran keindahan pantai Tanjung Setumu yang siap menerima kunjungan Anda. Salam wisata. ***

0 Response to "Pantai Tanjung Setumu, Surga Wisata di Ujung Dompak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel