Keindahan Tak Terkira Grojogan Watu Purbo, Jogja

YOGYAKARTA yang lebih akrab di telinga dengan sebutan Jogja selalu ada hal baru, apalagi menyangkut wisata. Nah, kalian pasti mengikuti saat ini daerah ini menawarkan sebuah lokasi wisata alam terbarunya yaitu Grojogan Watu Purbo.

grojogan watu purbo

Langsung saja yuk kita kuliti pesona air terjun yang sudah membuat banyak warganet berkunjung lalu mengunggah foto kerennya di banyak media sosial.

Air Terjun 6 Tingkat

Bayangkan ada enam tingkat air terjun yang membentuk Grojogan Watu Purbo. Ini air terjun alami, bukan dibuat atau sengaja diciptakan manusia untuk mendapatkan destinasi wisata baru.

Keindahan tingkatnya sangat terlihat saat kalian ada di depannya dan menjadikan Grojogan Watu Purbo sebagai latar belakang atau background. Jatuhnya air yang memutih berpadu dengan suasana alam yang masih asri.

Ada di Jalur Lahar Dingin

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui lokasi Grojogan Watu Purbo ini. Kalian bisa datang dan menyaksikan air terjun ini di Bangunrejo, Kabupaten Sleman Sleman, Jogja. Tepatnya di kali atau Sungai Krasak yang kita ketahui sudah beberapa kali menjadi jalur utama lahar dingin yang mengalir dari Gunung Merapi.

Dengan demikian keindahannya sudah ditata oleh alam. Manusia hanya tinggal menikmatinya. Artinya jika alam yang memadukannya pasti lebih asri, alami dan tidak membosankan.

Bebatuan Berbagai Ukuran

Karena menjadi langganan jalur mengalirnya lahar dingin dari Gunung Merap saat erupsi, maka di sekitar Grojogan Watu Purbo kalian akan menemukan banyak sekali bebatuan tersebar.

Kehadiran batu-batu ini juastru menambah alaminya Grojogan Watu Purbo. Apalagi ukuran batunya tak sama, letaknya juga tersusun dengan sendirinya.

Mahasiswa KKN dan Warga

Kabarnya, viralnya Grojogan Watu Purbo diawali ketika sekelompok mahasiswa yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Bangunrejo menyaksikan betapa air terjun ini bisa menjadi destinasi wisata yang wah.

Lalu, warga setempat pun menyambut gagasan tersebut sehingga muncullah Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Bangunrejo di medsos yang langsung menggemparkan dunia perwisataan di Jogja bahkan tanah air.

Favorit Pesepeda

Grojogan Watu Purbo memang indah. Selain kunjungan wisatawan biasa, lama-lama tempat ini menjadi semacam perlintasan para pesepeda. Berbagai komunitas pesepeda sengaja masuk ke hutan, melintasi jalan setapak yang teduh hanya untuk melintasi Grojogan Watu Purbo.

Apalagi yang akan dilakukan jika tidak berswafoto di depan Grojogan Watu Purbo. Setelah beristirahat sejenak, para pesepeda akan melanjutkan lagi perjalanannya.

Berendam di Air

Biasalah kalau sudah bertemu air, pinginnya masuk dan berbasah-basahan. Demikian juga jika kalian ke Grojogan Watu Purbo, pasti tak tahan godaan untuk berbasah-basahan di dinginnya air sungai.

Yang membawa sepada ada juga yang membasuh sepadanya, yang datang jalan kaki asyik merendam bagian bawah kakinya, namun tak sedikit yang datang sengaja untuk mandi.

Membiarkan Alam

Biasanya nih, lokasi wisata dipercentik dengan beragam spot foto buatan. Kalau di Grojogan Watu Purbo kalian justru tak menemukan spot foto seperti itu. Jika ingin berfoto silakan saja mengambil lokasi yang sudah disediakan alam.

Satu-satunya infrastruktur yang dibangun ialah jembatan dari kayu dan bambu. Ini dilakukan untuk menjaga Grojogan Watu Purbo sebagai destinasi wisata yang alam banget. Namun justru hal ini banyak disuka traveller.

Mencoba Balancing Art

Mau mencoba menyusun bebatuan meninggi ke atas tanpa bantuan penyangga atau balancing art? Grojogan Watu Purbo adalah lokasi tepat untuk melakukannya.

Silakan pilih ukuran batu yang akan kalian susun lalu mulailah beraktivitas. Hati-hati jika kejatuhan batu yang disusun.

Nah sahabat, itulah beberapa pesona Grojogan Watu Purbo yang sayang kalian lewatkan jika berkesempatan mengunjungi Jogja. ***

0 Response to "Keindahan Tak Terkira Grojogan Watu Purbo, Jogja"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel