5 Wisata Jembatan Terkenal di Indonesia

Indonesia adalah negara Maritim dengan perairan yang luas. Tak heran, ada banyak struktur bangunan jembatan yang dibuat untuk dapat menyeberangi Sungai, jurang ataupun jalan raya.  Dengan adanya jembatan akan turut dalam memperpendek jarak tempuh, memperlancar hubungan antar daerah serta menghubungkan daerah satu dengan yang lainnya. Jembatan ini juga tak jarang menjadi tempat wisata terkenal di Indonesia.

Memang, tidak semua jembatan dijadikan sebagai destinasi wisata. Tapi ada banyak jembatan dengan keindahan serta keunikannya mampu dikenal oleh banyak orang di Indonesia bahkan tamu mancanegara. Jika Anda termasuk orang orang yang ingin mengetahui tempat wisata jembatan terbaik mana sajakah yang layak untuk dikunjungi dengan pemandangan bagus, yuk lihat informasinya di bawah ini.

1. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang begitu terkenal di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 5.438 meter. Panjang sekali bukan? Pantas saja jembatan ini dikatakan sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini sendiri sebenarnya terdiri dari 3 bagian yakni jalan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama.

2. Jembatan Ampera, Palembang

Nama Jembatan Ampera sebenarnya sudah tidak asing ditelinga. Jembatan yang berlokasi di kota Palembang ini membelah sungai musi dan sebagai penghubung antara daerah di seberang ulu dengan seberang ilir. Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 1.117 meter, lebar 22 meter dan tinggi 11,5 meter sedangkan untuk beratnya mencapai 944 ton yang diresmikan secara langsung oleh presiden Soekarno di tahun 1965.

3. Jembatan Barelang, Riau

Jembatan Paling terkenal lainnya adalah Jembatan Barelang yang berada di Kepulauan Riau. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang dan Galang Baru. Jembatan ini diprakarsai oleh mantan Presiden Habibie. Jembatan ini sendiri telah menjadi ikon kota Batam yang menghabiskan biaya mencapai 400 miliyar.

4. Jembatan Barito, Kalimantan

Jembatan yang berada di Pulau Kalimantan namanya adalah jembatan Barito. Jembatan ini terbentang melintasi Sungai Barito dengan lebar 800 meter dan Pulau Bakut 200 meter. Ini juga merupakan sarana akses jalan dari Trans Kalimantan yaitu Banjarmasin ke Palangkaraya begitu pula sebaliknya.

5. Jembatan Merah Putih, Ambon

Jembatan Merah Putih adalah jembatan yang berdiri teguh di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di Indonesia. Jembatan ini mash tergolong baru karena diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 04 April 2016.

Inilah deretan jembatan paling terkenal di Indonesia yang di dapat dari berbagai sumber terpercaya. Jembatan tersebut selalu ramai bukan hanya untuk melintas atau menyebrang jembatan, tetapi juga untuk menikmati indahnya pemandangan di jembatan. Biasanya beberapa jembatan difasilitasi suatu tempat khusus untuk para pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati suasana.

0 Response to "5 Wisata Jembatan Terkenal di Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel