Wisata Durian Tembaga di Bintan, Kepulauan Riau


durian tembaga

WISATA durian kini berkembang di Pulau Bintan, khususnya di setiap musim buah berduri ini yang berlangsung dua kali setahun. Jenis durian tembaga menjadi salah satu yang diburu penikmatnya. Dan, termasuk paling populer lezatnya.

Kelezatan dan kepopulerannya membuat harganya mahal dibandingkan dengan jenis durian lainnya. Apalagi jika jumlahnya terbatas.

Harganya yang lumayan mahal atau sekitar Rp80 ribu sampai Rp100 ribu per Kg beserta kulit dan bijinya, tidak menjadi masalah. Para penikmatnya akan tetap memburu dan membelinya.

Umumnya durian jenis ini berukuran antara sekitar 2 Kg hingga sekitar 4 Kg per buahnya. Bentuknya cenderung ke arah bulat.

Berbeda dengan namanya, warna kulitnya cenderung hijau. Dan, bentuk durinya lebih ramping serta lebih rapat. Bagi orang awam, lebih baik bertanya ke penjualnya. Agar, tidak salah pilih.

Nama durian ini berasal dari warna daging buahnya yang kuning tua mengarah ke warna tembaga. Tekstur dagingnya lembut dan sangat lezat dengan aroma khas durian yang kuat.

Saat musim durian tiba setiap pertengahan tahun dan akhir sampai awal tahun, buah ini dapat ditemukan dengan mudah nyaris di seluruh Pulau Bintan. Termasuk di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Namun, sentra penjualan buah durian adalah di Jalan Lintas Barat, terutama di sekitar Batu 30-an hingga Batu 40-an. Ada sejumlah kios yang hanya buka saat musim durian.

Di tempat inilah beragam buah durian di Pulau Bintan dijajakan. Termasuk, durian tembaga yang sangat lezat itu. Kelezatannya sudah kesohor dan menarik penikmatnya datang dari mana saja.

Tak hanya dari Tanjungpinang tapi juga dari Batam. Begitu juga wisatawan asing yang memang ramai berkunjung ke pulau ini. Sehingga menjadi wisata durian tembaga di Bintan.

Kenduri Bubur Durian

Masyarakat sekitar pun membuat acara khusus di saat musim buah ini. Seperti, yang dilaksanakan warga Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Selasa (28/1/2020), yang menggelar acara kenduri bubur durian Gunung Bintan.

Acara ini terasa sangat spesial, karena dihadiri pejabat nomor satu di Provinsi Kepri H Isdianto. Plt Gubkepri ini berharap acara ini dikemas dengan lebih baik.

Agar, bisa menjadi event wisata di Kepri, bahkan di Indonesia. Ini dimungkinkan karena Gunung Bintan, sudah sangat terkenal sebagai penghasil durian terbaik di Kepri.

Itu sebabnya, Isdianto menyarankan agar masyarakat manfaatkan kepopuleran durian Bintan untuk menarik wisatawan. Dan menimbulkan manfaat positif untuk masyarakat.

Untuk itu, dia menyarankan ke depannya acara ini dilaksanakan di siang hari. Sehingga, lebih banyak dikunjungi wisatawan yang datang bisa lebih ramai.

Selain itu, disarankannya agar tanggal pelaksanaan ditetapkan jauh hari sebelumnya. Dan, disosialisasikan secara luas. Sehingga bisa menjadi agenda wisata durian tahunan.

Dengan posisi Kepri yang merupakan pintu masuk wisatawan asing terbesar kedua di Indonesia, setiap agenda wisata berpotensi digelar. Termasuk event kenduri durian yang khas Bintan.

Saat ini, ada ratusan ribu wisman yang berkunjung ke Pulau Bintan setiap tahunnya. Jumlah kedatangan meningkat saat libur di pertengan tahun dan di akhir tahun.

Jika event kenduri bubur durian diagendakan secara matang dan dilaksanakan di pertengahan atau di akhir tahun, diyakini akan banyak wisman yang hadir.

Tak hanya untuk menyaksikan acara kenduri durian, tapi juga berburu buah durian. Dan bisa berkembang menjadi wisata durian tembaga. ***

0 Response to "Wisata Durian Tembaga di Bintan, Kepulauan Riau"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel