Pengen Tahu Rasanya Naik Gajah? Yuk.. Wisata ke Taman Safari Lagoi Bintan


taman safari lagoi bintan

ANDA tahu bagaimana rasanya naik di punggung gajah? Kebanyakan tentu mengatakan belum. Mau coba? Datang saja ke Taman Safari Lagoi Bintan.

Di taman ini, Anda yang belum pernah melihat harimau hidup juga bisa melihatnya dengan jelas. Dan, aman. Ada kandang berukuran besar untuk mengurung si raja hutan itu.

Taman ini letaknya di sebelah utara Pulau Bintan. Tepatnya di dalam kawasan wisata Lagoi, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Dari Bandara internasional itu jaraknya hanya sekitar 52 Kilometer. Seluruh jaringan jalannya beraspal mulus dan lebar.

Begitu mulusnya sehingga mobil bisa dipacu hingga sekitar 130 Km atau 140 Km per jam. Tapi, kecepatan itu sangat tidak disarankan.

Kecepatan maksimal itu hanya gambaran betapa mulusnya jalan raya di daerah ini. Jalanan itu semakin mulus dan berkelas saat masuk kawasan wisata Lagoi.

Kecuali, saat masuk ke kawasan taman yang badan jalannya masih berupa tanah keras. Yang panjangnya hanya sekitar beberapa ratus meter saja.

Bayar Tiket Masuk

Setelah membayar tiket masuk di pos penjualan tiket, kendaraan masuk mengikuti arah petunjuk jalan yang ada. Kandang gajah adalah yang pertama terlihat di Taman Safari Lagoi Bintan.

Akan tetapi tidak bisa langsung berhenti, karena masih jauh dari tempat untuk parkir kendaraan. Begitu masuk ke dalam komplek taman napas terasa tertahan.

Beragam jenis bunga ditanam dan ditata dengan sangat baik sekali. Kombinasi tanaman juga di atur dengan begitu teliti. Termasuk kombinasi warnanya.

Sehingga dari arah pintu masuk yang posisinya lebih tinggi, hamparan bebungaan itu terlihat seperti bentangan karpet. Seperti hamparan karpet berwarna-warni.

Taman ini sangat luas dan bagi yang tidak kuat berjalan ada mobil golf, yang siap mengantarkan berkeliling. Tentunya tidak gratis. Jika digratiskan umur kendaraan itu dipastikan tidak akan panjang.

Untuk melihat harimau jenis benggala yang ada di Taman Safari Lagoi Bintan, tidak perlu naik mobil golf itu. Cukup berjalan kaki.

Keindahan Tamannya Instagramable

Karena letaknya hanya beberapa puluh meter dari pintu komplek taman. Jalannya pun menurun dan dilapis semen cor. Sambil berjalan bisa menikmati udara segar dan pandangan indahnya taman bunga.

Juga sambil berfoto karena keindahannya yang instagramable. Sangat layak dipajang di akun media sosial seperti Facebook, Instagram atau untuk foto profil di WhatsApp.

Selepas taman bunga berbelok ke kanan akan dijumpai kandang kura-kura raksasa. Kura-kura berusia ratusan tahun ini yang tetap aktif meski ada banyak pengunjung di sekitarnya.

Dari kandang kura-kura itu terletak rumahnya si raja hutan, harimau benggala. Kandangnya luas dan dipagar tembok tinggi. Di atas pagar ada besi mengarah ke bawah. Untuk mencegah si raja keluar kandang.

taman safari lagoi bintan 2

Di dinding tembok itu ada dinding kaca tebal. Dari dinding kaca inilah siapa saja bisa menyaksikan beberapa harimau benggala. Umumnya, harimau ini berbaring bermalas-malasan di tepi kolam buatan.

Sama seperti umumnya jenis kucing, yang jika perutnya sudah kenyang jadi mager, malas bergerak. Ulah seperti itu juga yang ditampilkan si raja hutan di Taman Safari Lagoi Bintan.

Ada Ular dan Buaya Raksasa

Setelah kandang harimau, pengunjung bisa bertandang ke kandang beruang, ular dan buaya. Letaknya saling berdekatan dan semuanya dikawal para penjaga yang berpengalaman.

Puas menyaksikan segala jenis ular dari yang berukuran kecil seperti ular kobra hingga yang berukuran panjang 8 meter. Jenis ular piton berukuran 6 meter - 8 meter dikandangkan terpisah.

Begitu juga untuk ular kobra yang dibuat terpisah dan berdinding kaca. Sangat aman untuk dilihat dari jarak dekat. Di seberang kandang ular ada kandang buaya.

Buaya yang ukuran panjangnya sekitar 4 meteran itu terlihat suka berbaring diam seperti patung. Tabiatnya sama seperti jenis kucing, diam setelah kenyang.

Puas menyaksikan beragam jenis reptil, pengunjung bisa berjalan melalui kandang harimau ke camp gajah. Ada beberapa ekor gajah bertinggi sekitar 3 meteran di sini.

Lengkingan suaranya sudah terdengar dari jauh. Berbeda dengan harimau, buaya, ular dan beruang yang dikandangkan tertutup. Kandang gajah bentuknya terbuka. Kandangnya hanya berupa pagar yang tingginya selutut saja sekedar tanda.

Gajah Jinak dan Patuh

Seluruhnya sudah jinak dan selalu dikawal penjaga berpengalaman. Tak hanya jinak, gajah-gajah raksasa ini juga sangat patuh dengan penjaganya.

Itu sebabnya, beberapa ekor gajah ini bisa ditunggangi punggungnya. Ada semacam kain pelapis untuk duduk. Sedangkan penjaganya duduk di atas lehernya.

Agar bisa naik ke punggung gajah tidak bisa langsung, karena tubuhnya yang tinggi. Ada semacam tangga khusus yang disediakan sebagai tempat naik ke atas punggung gajah.

Setelah duduk nyaman di punggung, penjaganya akan membawa pengunjung berkeliling di sekitar kandang gajah. Rasanya... wow banget hehehe.

"Tak percaya?" Coba saja sendiri.

Jika sudah berkeliling taman sembari joging dan dilanda haus, ada kantin di pintu masuk taman. Ada juga semacam minimarket yang menyediakan beragam minuman dingin.

Mau yang panas? Ada teh dan kopi yang rasanya tak kalah dengan kopi di Kota Tanjungpinang. Harganya pun murah Rp5 ribu saja.

Tempat ini memang bukan sekedar kebun binatang. Karena banyak sekali pengetahuan yang diperoleh di sini. Itu sebabnya disebut Taman Safari Lagoi Bintan. ***

0 Response to "Pengen Tahu Rasanya Naik Gajah? Yuk.. Wisata ke Taman Safari Lagoi Bintan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel