8 Tempat Wisata ke Pulau Bintan yang Wajib Dikunjungi

WISATA di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau tak hanya dikenal di Tanah Air, tapi juga ke mancanegara. Setiap tahun ada ratusan ribu wisatawan mancanegara yang datang berkunjung.

Ada yang datang melalui jalur udara dan mendarat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) di Kota Tanjungpinang, Pulau Bintan.

Namun, umumnya pelancong asing datang melalui jalur laut dari Singapura. Setelah mendarat di Bandara Changi, Singapura langsung menyeberang dengan kapal feri ke Lagoi, Bintan.

Jarak antara Singapura ke Lagoi, hanya sekitar 40 mil dan ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Keindahan alam di pulau ini membuat turis asing rela menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga: Tempat Wisata Spot Foto Unik dan Instagramable di Telaga Biru, Bintan

Pantai berpasir putih dengan suasana yang alami di Lagoi, Bintan utara, adalah obyek wisata terfavorit di pulau ini yang dikunjungi wisatawan. Kawasan ini adalah pusatnya hotel dan resort berbintang lima.

Tidak semua bisa dikunjungi wisatawan umum, yang hanya ingin datang berkunjung menikmati keindahan pantai berpasir putih dan halus.

1. Safari Lagoi

taman safari lagoi

Sekilas tempat ini seperti kebun binatang. Ada gajah, harimau, beruang, buaya, beragam jenis ular, burung dan lainnya. Namun, Safari Lagoi lebih dari kebun binatang.

Ini adalah taman yang luas dengan beragam jenis tanaman. Dan, dirancang untuk menambah pengetahuan. Di samping tempat liburan liburan keluarga yang menarik.

Jaraknya hanya sekitar 60 Km dari Kota Tanjungpinang dan bisa ditempuh sekitar 1 jam 15 menit dengan mobil.

Siapapun dengan mudah datang ke taman ini, meski belum pernah sama sekali datang. Cukup mengetikkan kata-kata Safari Lagoi di fasilitas google maps. Maka, kita akan dipandu sampai ke lokasi ini.

2. Lagoi Bay

Namun ada juga pantai yang dibuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran, yakni pantai Lagoi Bay. Dari Kota Tanjungpinang jaraknya sekitar 65 Km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan mobil.

Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih halus dan birunya laut. Jika angin sedang kencang pengunjung bisa menikmati aktivitas kite surfing, yang dilakukan penggiat olahraga laut itu.

Pengunjung juga bisa menginap di hotel dan resort di kawasan ini. Untuk makan, minum dan belanja juga tersedia.

3. Treasure Bay Lagoi

Sama halnya dengan Lagoi Bay, Treasure Bay Bintan juga terbuka untuk umum. Bedanya, di sini harus membayar tiket masuk yang setelah masuk ke dalamnya akan terasa murah.

Begitu masuk akan terpampang pemandangan spektakuler, kolam raksasa air laut yang berwarna biru. Kolam ini bisa digunakan untuk berenang. Dan, untuk berolahraga air.

Panjangnya hampir 1 Km atau sekitar 800 meter dan luasnya sekitar 6,3 Ha. Pinggiran kolamnya berwarna putih, tapi bukan pasir. Tempat terdalamnya sekitar 2,5 meter.

Sangat sesuai untuk bersantai bersama keluarga. Bagi peminat olahraga air, ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Di tempat ini juga tersedia resort dan restoran yang menyediakan beragam kuliner lezat.

4. Pantai Trikora

Seperti halnya pantai di Lagoi, di kawasan ini juga terdapat hamparan pasir putih halus dan pantainya pun landai. Bedanya, di kawasan Pantai Trikora yang panjangnya puluhan kilometer, nyaris semuanya bisa dinikmati gratis.

Kecuali yang ingin eksklusif, ada sejumlah resort di daerah ini. Harganya juga lebih murah dibandingkan yang di Lagoi.

Jarak dari Kota Tanjungpinang ke Pantai Trikora sekitar 50 Km dan bisa ditempuh dalam.waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan roda empat.

Untuk makan dan minum para pengunjung tidak perlu khawatir. Karena, ada banyak sekali rumah makan, restoran dan kedai kopi di sepanjang jalan.

5. Gurun Pasir Bintan

gurun pasir bintan

Disebut gurun pasir karena wilayah ini banyak pasirnya dan nyaris tanpa tanaman. Terbentuk secara alami dari dampak penambangan pasir darat yang dulu dilakukan di tempat itu.

Dari Kota Tanjungpinang berjarak sekitar 46 Km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Letaknya di pinggir jalan aspal dan sangat menarik untuk obyek foto.

Bentangan pasir yang luas membuat suasananya seperti sedang di gurun di jazirah Arabia. Ribuan pengunjung berdatangan setiap minggunya ke gurun pasir ini.

6. Telaga Biru Bintan

Telaga Biru di Busung, Bintan berjarak sekitar 45 Km dari Kota Tanjungpinang ke arah Tanjunguban. Jarak ini bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Tempat ini berkembang menjadi obyek wisata sejak sekitar 3 tahun terakhir. Dulunya bekas kawasan penambangan pasir darat. Yang menyisakan kawasan gersang seperti gurun pasir.

Di sela gundukan pasir terdapat kolam atau telaga yang airnya biru. Ada beberapa telaga yang airnya benar-benar biru seperti air laut dalam.

Keajaiban alam ini menjadi daya tarik pelancong dari dalam dan luar negeri. Apalagi di hari libur, pengunjungnya bisa sampai belasan ribu orang.

Saat ini, Telaga Biru Bintan menjadi salah satu obyek wisata foto terbaik di daerah ini.
Tiket masuknya untuk turis lokal Rp10 ribu/orang. Untuk parkir mobil Rp5 ribu.

7. Pulau Penyengat

Salah satu obyek wisata terkenal di Pulau Bintan, adalah Pulau Penyengat yang berjarak sekitar 1 mil laut dari Kota Tanjungpinang. Bagi penggemar wisata sejarah, Pulau Penyengat adalah gudangnya.

Di pulau yang bisa dijangkau dengan pompong ini terdapat banyak bangunan sisa peninggalan kejayaan Kerajaan Riau Lingga. Berikut dengan makam para raja dan kerabatnya.

Salah satu peninggalan yang masih digunakan hingga kini, adalah Masjid Sultan Riau. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1830-an ini, masih berdiri kokoh dan anggun.

Tak sedikit orang yang berkeyakinan, berdoa di masjid ini dijabah Yang Maha Kuasa. Bahkan, ada pengunjung yang beritikaf di masjid bertuah ini.

8. Vihara 1.000 Patung

Tempat ini populer dengan vihara 1.000 patung, meski jumlah patungnya tak sampai jumlah itu. Dan, namanya adalah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva.

Sebutan 1.000 patung dengan ekspresi yang berbeda-beda. Seluruh patung disebut dibuat di China dan dibentuk dengan pahatan tangan.

Baca Juga: 5 Wisata Pantai Terpopuler di Indonesia

Ekspresi wajah patung yang berbeda itu, sekaligus menjadi keunikan vihara yang terbuka untuk umum ini. Keunikan itu menjadi spot foto yang sangat menarik. Dan, jaraknya dari pusat Kota Tanjungpinang hanya sekitar 14 Km.

Inilah sejumlah obyek wisata di Pulau Bintan, yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke daerah ini. Ada banyak pengalaman menarik yang bisa dinikmati.

Dan, tentu saja foto-foto eksklusif yang layak ditampilkan di media sosial masing-masing. So, segera siapkan agenda untuk menikmati wisata bintan. ***

0 Response to "8 Tempat Wisata ke Pulau Bintan yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel