5 Tips Penting Persiapan Liburan


liburan 1

LIBURAN adalah hal yang menyenangkan siapapun, apalagi kalau diisi dengan jalan-jalan ke daerah lain. Sangat membahagiakan dan kadang membuat rasa senang berlebihan

Begitu berlebihan hingga terkadang menimbulkan kekurangwaspadaan. Seharusnya menyenangkan malah menimbulkan masalah. Lupa ini lupa itulah dan beragam hal lainnya.

Suasana menyenangkan yang diharapkan pun bisa hilang. Karenanya, perlu persiapan matang, bahkan sangat detail sebelum memutuskan berangkat berliburan.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat:

1. Rencanakan Tujuan Liburan sejak Jauh Hari

Tujuan adalah hal terpenting yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Jika perlu rencanakan paling lambat enam bulan sebelumnya.

Dan, jika perginya dengan keluarga harus diputuskan bersama. Agar, suasana yang nyaman di tempat berlibur bisa tercipta dan dinikmati.

Ssbelum memutuskan tempat yang dituju, cari informasi sebanyak mungkin kondisi di tempat tujuan. Misalnya, jalanannya macet atau rawan longsor karena musim hujan dan lainnya.

Jangan pernah memutuskan tujuan, sebelum mengetahui kondisi di tempat yang dituju di tanggal yang dijadwalkan. Di masa lalu informasi seperti ini harus dicari melalui media cetak, brosur dan sejenisnya.

Di zaman now, segala informasi terkait hal tersebut bisa dicari dengan mudah menggunakan ujung jari melalui gadget masing-masing.

2. Hitung Anggaran

Setelah memutuskan tempat yang akan dituju, langkah berikutnya, adalah menghitung anggaran yang digunakan. Hitung dengan cermat agar setiap sen yang dikeluarkan menimbulkan manfaat.

Apalagi anggaran yang disiapkan bersumber dari tabungan. Kecuali, bagi yang sumbernya dari kelebihan pendapatan atau dibiayai kantor, tak perlu risau menghitung anggaran terlalu cermat.

liburan 2

Prediksikan harga tiket pesawat atau kendaraan yang akan dipakai ke tempat tujuan wisata. Apakah harganya fluktuatif atau flat. Jika fluktuatif pesan sejak jauh hari.

Begitu juga dengan harga hotel, penginapan, villa yang dituju. Termasuk ketersediaannya. Pastikan memesan sejak jauh hari sebelumnya.

Persiapkan anggaran khusus untuk hal tak terduga. Misalnya untuk sewa mobil atau menyewa sarana wisata di tempat tujuan. Juga untuk biaya sopir atau jasa pemandu.

3. Pesan Tiket dan Hotel

Jika tujuan sudah ditetapkan dan anggaran juga sudah ada, segera pesan tiket pesawat atau kapal dan hotel. Jangan pernah menunda apalagi jika harganya fluktuatif.

Sebelum memesan tiket pesawat gali informasi tentang maskapai penerbangannya. Pastikan maskapai yang punya catatan baik dan harga tiketnya seimbang.

Begitu juga sebelum memesan kamar hotel, gali sedalam-dalamnya informasi tentang hotel itu. Fasilitasnya, jaraknya dengan tempat tujuan wisata dan segalanya.

4. Persiapkan Keperluan Liburan

Pergi berlibur berarti berangkat untuk bersenang-senang. Untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik. Harus dipilah-pilah mana yang harus dibawa atau tidak.

Setelah menyiapkan segala pakaian, asesoris dan lainnya, segera sediakan tempat untuk membawanya. Koper yang kuat, tidak terlalu besar dan bisa ditarik adalah pilihan terbaik.

Selain itu persiapkan juga tas ransel atau tas berukuran sedang. Untuk membawa segala keperluan yang diperlukan di tengah perjalanan seperti kosmetik atau obat-obatan.

5. Jaga Kondisi Tubuh

Tiket sudah dipesan, hotel juga sudah dibooking, yang berarti pengeluaran anggaran liburan sudah keluar. Selain itu, segala keperluan penting juga sudah disiapkan. Maka, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi tubuh.

Pastikan selalu dalam keadaan sehat dan jika jatuh sakit sebelum berangkat harus segera berobat. Jangan sampai saat menjelang berangkat berlibur malah jatuh sakit.

Selain itu hindari juga segala kemungkinan yang bisa menimbulkan permasalahan. Baik saat di rumah, saat berkendaraan berangkat dan pergi ke tempat bekerja. Persiapkan segalanya dalam kondisi terbaik.

Jika semua hal ini sudah dipersiapkan dengan baik, maka liburan yang akan dijalan dijamin akan berjalan nyaman. Dan, jangan lupa untuk mendokumentasikan tempat-tempat yang dikunjungi.

Bagikan di media sosial, agar orang lain yang ingin berliburan bisa mengetahui kondisi terkini di obyek yang dikunjungi. Selamat berliburan dan bersenang-senang. ***

0 Response to "5 Tips Penting Persiapan Liburan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel